Rabu, 06 Januari 2010

Menabung


Luar biasa.. tidak setiap orang bisa melakukannya. Bahkan orang kaya sekalipun. Menabung memang berkaitan dengan prinsip hidup. Tanpa prinsip, mustahil menabung dapat dilaksanakan dengan konsisten. Masalahnya, prinsip hidup setiap orang berbeda-beda. Khususnya dalam hal menabung.
Disatu sisi banyak orang berprinsip untuk menghabiskan atau lebih halusnya menikmati uang yang ada tanpa berpikir hari esok. Hal itu dilatar belakangi dengan alasan menikmati hidup sekarang, tanpa tahu apakah besok masih akan hidup atau sudah mati. "Mending kalo masih hidup, kalo mati? Rugi dong kita ngga bisa menikmati hidup, Hari esok gimana nanti, Allah pasti memberi rezeki."
Kalimat tersebut mungkin menjadi kalimat yang sering di dengar ketika bertemu dengan orang yang berprinsip menikmati hidup sekarang juga.
Di lain sisi, banyak pula orang yang terus menerus menabung dengan mengesampingkan kesenangan hidup, baik fasilitas kehidupan, atau menekan gairah untuk menikmati hidup. Mereka selalu berpikir tentang masa depan yang harus diperhatikan. Menabung adalah satu jalan yang luar biasa. "Menabung penting buat masa depan kita, hidup itu tenang kalo masa depan tidak dirisaukan lagi dengan adanya tabungan. Kalo tidak terpake untuk kita, mungkin untuk anak cucu kita."
Kalimat tersebut pula yang selalu kita temukan pada orang yang sering menabung atau lebih tepat sealu menyisihkan uang sehari-harinya untuk kepentingan hari esok.
Terkait dengan itu pula, menabung butuh "paksaan". Artinya menabung memang harus diawali dengan paksaan, baru muncul sebuah kebiasaan. Kebiasaan baik memang sulit untuk didapatkan. Sebuah kebiasaan baik yang akan kita lakukan selalu gagal dengan kurang konsistennya kita memegang komitmen.
Salah satu menabung dengan paksaan seperti yang dilakukan pada teman saya. Udin Zaenudin, beliau setiap bulannya menyisihkan uang gajinya yang tidak seberapa untuk biaya pendidikan anak. Ya, tabungan pendidikan namanya. Walaupun cukup mengurangi pendapatannya per bulan. Namun, nanti di akhir tabungannya, beliau akan mendapatkan uang hasil tabungannya berbulan-bulan.
Kata bijak hari ini, nikmatilah hidup apa adanya, uang yang anda dapatkan berikan terlebih dahulu pada orang yang lebih membutuhkan. Setelah itu menabunglah, untuk masa depan yang lebih cerah.

| Free Bussines? |

1 komentar:

  1. Memang benar, Apapun alasanya Menabung tetep penting utk persiapan masa depan
    Apalagi jaman sekarang Menabung Rutin dan Ajak Teman Menabung bisa hasilkan Income Jutaan Perbulan http://tabunganmilyarder.weebly.com/

    BalasHapus